Kamis, 18 Januari 2018

TIM SRIKANDI

Tim Srikandi, begitulah aku menyebut tim les tambahanku hari ini, karena mereka terdiri dari wanita semua. Mereka berlima ingin belajar tambahan untuk mempersiapkan ujian nasional, tentunya materi yang sesuai displin ilmuku, yaitu matematika.

Matematika ada yang mengatakan merupakan akronim dari MAkin TEkun MAkin TIdak KAruan. Hehehehe
Ya begitulah matematika, sebetulnya merupakan pelajaran yang paling dekat dengan kehidupan kita masing-masing dan kita takkan terlepas dari materi tersebut. Banyak yang menghindarinya, misalnya ambil jurusan bahasa atau ilmu sosial saat di SMA, tapi ya tetap aja, ada matematika di sana. Kemudian setelah lulus SMA, harapannya tak mau ketemu dengan matematika dan mengambil jurusan sosial di perguruan tinggi atau mengambil akademi kepolisian atau bahkan kesehatan, tapi tetap aja ada matematika. Oleh karena itu, matematika bukan sesuatu yang menyulitkan, melainkan menyenangkan dan di senangi, karena setiap pilar kehidupan ada matematika walaupun istilahnya berbeda.

Les tambahan hari ini berkaitan dengan materi waktu, agar mereka paham tentang waktu, bagaimana ia begitu penting dalam hidup ini. Materi waktu ini aku kaitkan dengan kehidupan mereka, salah satunya adalah menanyakan usia mereka lengkap dengan hari bulan dan tahun mereka. Contohnya, Guru Sapto lahir pada tanggal 15 Juni 1991, sekarang berapakah usia Guru Sapto?... Tahun... Bulan... Hari. Mereka di latih untuk berpikir kritis agar mampu memecahkan masalah yang ada di sekitar mereka, dari hal yang kecil hingga hal yang lebih kompleks buat mereka. Karena tantangan hidup kedepannya menjadi lebih ekstrim dan butuh persiapan yang matang mulai dari hari ini. Aku sebagai gurunya hanya berharap mereka mampu menjadi pribadi yang baik, bukan hanya otaknya yang encer, melainkan juga akhlaknya bak mutiara. Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar