Rabu, 17 Januari 2018

KHOTMIL QURAN LEVEL 6

Hari yang di nanti oleh level 6 yaitu hari Sabtu ini, mereka akan mengikuti khotmil quran atau khataman quran bareng-bareng yang sudah lama di nanti dan sudah lama dipersiapkan, sejak semester satu yang lalu, kini sudah 6 bulan lebih lamanya dipersiapkan.

Khotmil quran kali ini menggunakan sistem yang sama seperti khotmil quran level 3 tahun sebelumnya. Jadi setiap tahunnya, sekolah ini mengadakan dua kali khataman quran, yaitu untuk juz 30 level 3 dan juz 29 untuk level 6. Namun, tahun ini di buat berbeda yaitu juz yang di ujikan ada dua juz, yaitu juz 29 dan juz 28.

Kegiatan khotmil quran di mulai pukul 8 pagi, namun para orang tua dan para tamu undangan sudah mulai berdatangan sejak sebelum jam 7 pagi. Antusias para orang tua dan para siswa menambah warna dalam kegiatan ini.

Saat di mulai kegiatan ini sekitar pukul 8 pagi, siswa putra dan siswa putri memasuki panggung dari dua arah yang berlawanan, putra dari sisi kanan panggung dan putri dari sisi kiri panggung dan akan ketemu di tengah-tengah panggung dan telah di atur sedemikian rupa sehingga mereka akan duduk dengan rapi sesuai urutan dan posisi mereka masing-masing.

Siswa-siswi yang memiliki kemampuan hafalan hingga juz 28 di tempatkan di posisi yang berbeda, sekitar 20 orang yang memiliki kelebihan ini, dan sisanya yaitu juz 29 akan menempati di belakang posisi juz 28. Khotmil Quran di awali dengan pelafalan juz 29 secara bergiliran yang memakan waktu hampir 20 menit lama. Jadi setiap siswa telah memiliki nomor ayat dan surah masing-masing yang akan mereka baca. setelah itu mereka melanjutkan dengan bacaan juz 28 bagi mereka yang memiliki kelebihan  di bidang ini, kegiatan kali ini memakan waktu sekitar 15 menit. Setelah selesai, barulah di mulai dengan pembacaan Surah Al Haqqah secara bersamaan seluruh siswa.

Munaqasyah merupakan rangkaian acara yang membuat siswa dan orang tua ikut deg deg-an. Pasalnya dalam acara ini, setiap siswa akan di tanya seputar surah yang mereka hafalkan di juz 29. Soal dan nama mereka telah di siapkan oleh panitia. yang memilih mereka melalui undian, jadi setiap siswa memiliki peluang yang sama. Mereka mesti melanjutkan 3 ayat setelah ayat yang di bacakan oleh panitia. Munaqasyah berlangsung cukup lama, yakni 45 menit. Setelah itu ada pengumuman tahfidz terbaik, kemudian dilanjutkan testimoni dari siswa level 6 yaitu dari Ananda Muh. Rafii Abimanyu, seorang anak yang sederhana dan penuh tawadhu, akupun pribadi ngefans terhadapnya atas sikapnya yang tawadhu tersebut. Setelah itu selesai, kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah atau makan-makan, syukuran kecil-kecilan lah buat kelulusan siswa-siswi karena telah mampu menghafal juz 29 dan juz 28 dalam usia yang belia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar