Jumat, 05 Januari 2018

JUMAT BAROKAH

Setiap hari semua insan manusia adalah seorang yang pembelajar. Pembelajar di sini mengartikan bahwa setiap manusia memiliki kemampuan berkembang dan tumbuh, selalu memiliki hal baru dalam hidupnya, bertemu dengan orang-orang baru, berkativitas yang baru dan lain sebagainya, semuanya bisa di jadikan bahan pembelajar. Seperti kata bijak mengatakan bahwa "belajarlah sepanjang hayat, dimanapun, kapanpun dan pada siapapun". Jadi teringat kata Almarhum guru Biologi saat SMA,  "belajar itu kita bisa dapatkan dari _deker_ sanpai dalam mesjid", deker adalah istilah untuk tempat nongkrong anak muda di daerah kendari, berupa perlintasan selokan, tempat yang di bentuk seperti balok sebagai tempat duduknya. Maksud dari perkataan beliau adalah kita bisa belajar dari seorang pencuri, agar apa? Bukan untuk jadi pencuri, melainkan agar kita tidak kecurian. Kita belajar dari seorang yang pandai agama, agar kita bisa membekali diri untuk hidup yang akan datang, yaitu akhirat. Begitu banyak petuah-petuah yang banyak dan belum kita sadari berada di sekitar kita.

Jumat kali ini, agendanya ngeprint jadwal kelompok belajar club dan berencana menyelesaikan bacaan. Namun lagi-lagi, manusia hanya bisa berencana, teyap Allah yang menentukan. Hari ini bacaan belum juga kelar, namun tetap tiap tindakan pasti ada ibrohnya atau manfaatnya. Dalam buku yang saya baca muncul ide untuk membuat alat peraga seperti yang ada dalam buku tersebut, walaupun nantinya akan banyak improvisasi di dalam pembuatannya. Akupun mulai mencoret-coret alat dan bahan, cara membuat hingga cara pemakaiannya, nanti lain waktu saya akan mencoba menuliskannya secara lengkap. Setelah itu, banyak waktu aku habiskan untuk mengisi kesenanganku belaka, mencoba browsing sana browsing sini, download film itu dan ini, namun gak banyak hanya dua episode serial detective conan. Hingga akhirnya menjelang waktu sholat jumat.

Khutbah jumat kali ini mengangkat tema mengenai mukjizat dari kata basmalah, yaitu Bismillahirahmanirrahim. Jadi teringat lagu dari seorang mantan roker yaitu Opick mengenai bismillah yang kurang lebih liriknya seperti ini "Bismillah yaa rohman yaa rohiim 2x

Bismillah mula-mula Bismillah yang mengawali
Bismillah akan membuatmu bahagia
Dengan Bismillah hatikan terjaga
Lalu keberkahan menaungi kita

Bismillah dan melangkah Bismillah lalu bekerja
Bismillah di dalam hatiku tenang
Karena semua hanyalah milikNya
Bahkan nafas adalah kemurahanNya

Bismillah yaa rohman yaa rohiim 4x

Terkadang hidup dalam sepi hati
Karena jiwa yang rindu tuk kembali pada Alloh

Bismillah mula-mula Bismillah yang mengawali
Bismillah akan membuatmu bahagia
Dengan Bismillah hatikan terjaga
Lalu keberkahan menaungi kita

Bismillah dan melangkah Bismillah lalu bekerja
Bismillah di dalam hatiku tenang
Karena semua adalah milikNya
Bahkan nafas adalah kemurahanNya

(Bismillah yaa rohman yaa rohiim)

Dengan namaMu yaa Alloh
Dengan namaMu yaa Rohman
Dengan namaMu yaa Robbi
Dengan namaMu..namaMu..yaa Robbi..yaa Robbi
Dengan namaMu melangkah
Dengan namaMu di hati
Dengan namaMu kumelangkah
Dengan namaMu Alloh.. Alloh.. Alloh.."

Adem rasanya jika didengarkan serta di amalkan. Pesan khatib jumat kurang lebih mengingatkan kita untuk memulai dengan bismillah. Tak lupa aku pun berdoa kepada Allah, karena aku tau bahwa hati jumat merupakan hari yang barokah buat berdoa, banyak amalan-amalan yang baik di hari jumat ini seperti membaca surah Al Kahfi berdoa saat Ashar dan sebagainya. Intinya Allah akan mengabulkan apapun permintaan kita, asalkan kita meminta kepada Allah. Dan pengabulan doa-doa kita tergantung dari apa yang akan kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan, karena Allah Maha Tahu Segalanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar