Selasa, 27 Januari 2015

SIAP MENGABDI DI NEGERI BADAK


16 Januari 2015

Penempatan adalah masa yang paling di tunggu – tunggu oleh aku dan 29 orang temanku, sebab inilah masa dimana kami mencoba untuk menjadi pembelajar sejati dan saling berbagi dengan orang banyak di daerah pelosok negeri ini. Bukan hanya sekedar mengunjungi daerah baru saja yang membuat kami menunggu  hari – hari pengumuman penempatan, tapi lebih dari itu semua dalam kondisi alam yang eksotik yang belum pernah terungkap oleh dunia yang banyak memberikan inspirasi bagi bangsa ini untuk menjadi bangsa yang kuat dan berbudaya.
Penempatan pun telah diumumkan, aku mendapatkan daerah yang sangat jauh dari kampung halaman orang tua ku, kali ini aku berada di paling barat dari pulau Jawa, provinsi Banten Kabupaten Pandeglang tepatnya. Tim ku terdiri dari 6 orang, dua pria dan empat wanita. Kami termasuk tim yang unik, terdiri dari daerah di luar pulau Jawa, ada Nurhasanah dari Medan – Sumatera Utara, Ulfa Wardani dari Medan – Sumatra Utara, Januarita Sasni dari Padang – Sumatera Barat, Fitrianti dari Pare-pare – Sulawesi Selatan, Heriyanto dari Sumbawa – Nusa Tenggara Barat dan aku dari Kendari – Sulawesi Tenggara. Bukan hanya asal daerah kami yang berbeda, tapi latar belakang disiplin ilmu kami pun berbeda, Nur dan Fitrianti dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Ulfa dari jurusan Pendidikan Agama Islam, Sasni dari jurusan Kimia murni, Heri dari jurusan Komputer dan aku sendiri dari jurusan Matematika. Sepintas tim ini tim yang tak ada kesamaan latar belakangnya baik dari segi displin ilmu maupun dari asal daerah kami, tapi satu hal yang membuyarkan perbedaan itu adalah kami sama – sama berasal dari pulau Jawa.
16 Januari 2015 merupakan saksi bisu petualangan awal kami untuk menuju daerah penempatan, pukul 02.35 WIB dini hari, kami telah bersiap untuk menuju lokasi dengan menumpangi APV, mobil sewaan yang dipiloti oleh Pak Neming, itulah nama sapaan yang sering kami ucapkan. Dengan segebrek barang bawaan kami dari koper, kardus, tas hingga kantong plastik berbagai warna melengkapi kisah perjalanan kami.
Perjalanan dari Bogor hingga tiba ke tujuan awal kami yaitu di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang di tempuh begitu jauh. Kami tiba tepat pukul 08.30 WIB, perjalanan panjang yang begitu melelahkan, hingga nanti kami meluncur ke daerah kita masing – masing. Setelah dari kantor Dinas Pendidikan Kabupaten, kami lanjut lagi ke Polres Pandeglang dan kemudian meluncur ke Kantor Kementrian Agama Pandeglang.
Setelah melakukan kegiatn serah terima dan penandatangan MoU dari pihak SGI dengan pihak pemerintahan, kami melanjutkan perjalanan menuju daerah kami masing – masing. Karena jarak yang jauh, kami menyepakati untuk menginap di daerah pesisir pantai dekat dengan taman nasional Ujung Kulon, tempat beradanya badak bercula satu. Pengalaman kali ini begitu indah untuk hanya sekedar di tulis, hingga nanti aku akan kembali untuk waktu yang tak ditentukan bersama orang yang ku kasih untuk melihat betapa indahnya Indonesia, negeri tercinta ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar